Beranda | Artikel
Mukaddimah Kajian Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid
Rabu, 9 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Mukaddimah Kajian Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 29 Syawal 1442 H / 09 Juni 2021 M.

Mukaddimah Kajian Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid

Kitab ini ditulis oleh Fadhilatusy Syaikh Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab bin Sulaiman bin Ali At-Tamimi Rahimahullahu Ta’ala. Beliau adalah cucu dari Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab.

At-Tamimi dinisbatkan kepada Bani Tamim yang mana Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata: “Masih saja aku mencintai keturunan Tamim setelah tiga perkara yang pernah aku dengar dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yaitu:

هُمْ أشَدُّ أُمَّتي علَى الدَّجَّالِ وكانَتْ فيهم سَبِيَّةٌ عِنْدَ عائِشَةَ، فقالَ: أعْتِقِيها، فإنَّها مِن ولَدِ إسْماعِيلَ، وجاءَتْ صَدَقاتُهُمْ، فقالَ: هذِه صَدَقاتُ قَوْمٍ

“Mereka adalah orang yang paling pemberani dari umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melawan Dajjal, dan di tengah-tengah mereka ada seorang tawanan yang di tawan oleh ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Merdekakan lah tawanan tersebut, sesungguhnya tawanan perempuan tersebut termasuk keturunan dari keturunan Ismail.’ Dan pernah datang sedekah-sedekah dari keturunan Tamim, kemudian Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Ini adalah sedekah-sedekah kaumku.`” (HR. Bukhari)

Penulis kitab ini dilahirkan pada tahun 1196 Hijriyah di daerah Dir’iyyah. Beliau belajar kepada kakeknya, Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab Rahimahullahu Ta’ala Kitab At-Tauhid (كتاب التوحيد) dari awalnya sampai bab sihir. Kemudian setelah itu Kitab Adabul Masyi ila Sholah(آداب المشي إلى الصلاة), kemudian beliau juga menghadiri majelis-majelis yang lain seperti majelis Shahih Bukhari, majelis-majelis tafsir, juga kitab-kitab hukum yang mana beliau belajar bersama Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahab.

Beliau wafat pada hari sabtu, 11 Dzulqa’dah 1285 Hijriyah. Berarti beliau adalah ulama Islam abad ke-13 Hijriyah.

Adapun isi Kitab Fathul Majid ini adalah penjelasan tentang apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala bawakan ketika mengutus para Rasul, yaitu berupa menjadikan Allah Subhanahu wa Ta’ala satu-satunya yang diibadahi. Juga disertai penjelasan dalil dari dari Al-Qur’an dan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di dalam Kitab Tauhid juga dijelaskan syirik besar dan syirik kecil dan segala sarana yang menghantarkan kepada perbuatan kesyirikan.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50237-mukaddimah-kajian-fathul-majid-syarh-kitab-at-tauhid/